Wakil Menteri : Tahun 2014 Bakal Ada Rekrutmen Calon PNS Baru

Cirebon - CopasLoker.com, Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Dr. Eko Prasojo, S.Ip pada saat mengisi acara sebagai pemateri orasi ilmiah yang dilangsungkan di Convention Center Hotel Zamrud Cirebon pada Sabtu kemarin (11/12014).

Pihaknya menyoroti tentang ketersediaan lapangan kerja di Indonesia dengan pertumbuhan penduduk beserta bertambahnya jumlah angkatan kerja dan lulusan sekolah dan kampus setiap tahunnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, untuk setiap tahunnya proses perekrutan PNS akan semakin terbuka dengan sistem online terpadu. Test online ini harapannya agar, lulusan calon pegawai negeri sipil ini akan lebih profesional dan proporsional dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Karena menurutnya saat ini negara membutuhkan calon-calon pengelola negara yang ahli, bukan mereka yang karena hubungan keluarganya, hubungan pertemanan, dan lain sebagainya.
"Informasi perekrutan juga sekarang cukup terbuka, dan pada tahun 2014 juga pemerintah akan membuka kembali perekrutan calon PNS." tambahnya.
Pemerintah melalui kementeriannya juga tengah menyusun Peraturan Menteri PANRB yang mengatur tentang sistem kepegawaian baru di masa yang akan datang. Perekrutan akan membuka dua sistem. Sistem yang pertama merekrut untuk PNS, dan sistem yang ke dua akan merekrut pegawai kepemerintahan dengan kontrak 1 tahun yang bisa diperpanjang selama 5 atau 10 tahun hingga berumur 55 tahun atau 60 tahun.
"Sehingga ke depannya diharapkan PNS bukan lagi sebagai primadonanya masyarakat untuk mencari kerja. Sekarang tidak perlu menjadi PNS untuk mengabdi kepada negara, ada sistem honorer untuk para pegawai kepemerintahan." tandasnya.
Perekrutan setiap tahun tentunya untuk mengganti PNS yang telah pensiun, dan mengenai gaji akan disesuaikan dengan kinerja para PNS. Karena selama ini negara terbebani dengan perilaku PNS yang kurang profesional, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengefektifkan proses kegiatan operasional pemerintah.


Share This